Mengenal sedikit mengenai pfsense



pfSense adalah open source firewall / router distribusi perangkat lunak komputer berdasarkan FreeBSD. Hal ini diinstal pada komputer fisik atau mesin virtual untuk membuat firewall khusus / router untuk jaringan dan dicatat untuk keandalan dan korban fitur sering hanya ditemukan di firewall komersial mahal. Hal ini dapat dikonfigurasi dan upgrade melalui antarmuka berbasis web, dan tidak memerlukan pengetahuan tentang sistem FreeBSD yang mendasari untuk mengelola. pfSense umumnya digunakan sebagai firewall perimeter, router, titik akses nirkabel, DHCP server DNS Server, dan sebagai VPN endpoint. pfSense mendukung instalasi paket pihak ke-3 seperti Snort atau Squid melalui Package Manager-nya.

Nama itu berasal dari kenyataan bahwa ia membantu membuat stateful packet-filtering tool PF (yang bertindak sebagai firewall, packet filter, dan routing layanan pada banyak BSD dan Unix platform) lebih masuk akal untuk pengguna non-teknis.

Proyek pfSense dimulai pada tahun 2004 sebagai garpu dari m0n0wall proyek oleh Chris Buechler dan Scott Ullrich. Dari awal, itu difokuskan pada instalasi PC penuh, sebagai lawan m0n0wall fokus pada hardware tertanam. Namun, pfSense juga tersedia sebagai gambar tertanam untuk CompactFlash berbasis instalasi. Versi 1.0 dari software ini dirilis pada 4 Oktober 2006. [11] Versi 2.0 dirilis pada 17 September 2011. Versi 2.1 dirilis pada September 15, 2013 dan versi 2.2 dirilis 23 Januari 2015.

Kekurangan & Kelebihan pfSense :
  • Kelebiahan
  1. Gratis
  2. Dapat menghubungkan beberapa koneksi WAN dan load balancing.
  3. Captive Portal yang meninggalkan administrator untuk membatasi sesi(dalam cara yang serupa dengan program yang digunakan oleh kafe internet)
  4. stable
  5. fitur banyak
  • Kekuranagan
  1. Banyak memerlukan RAM
Mengapa menggunakan pfSense bukan router lain? PfSense cepat, gratis dan stabil menawarkan ton fitur yang besar. Jika Anda memiliki router yang sudah ada yang tidak menawarkan fitur, atau kinerja yang Anda butuhkan pfSense adalah pilihan yang cocok untuk menggantinya dengan. Menawarkan kontrol perangkat keras Anda dapat menyesuaikan sistem Anda pfSense dengan komponen-komponen yang Anda inginkan.

Jika Anda sudah pernah berbelanja untuk router atau firewall's sebelum Anda mungkin tahu bahwa tergantung pada fitur Anda mencari mereka dapat cukup mahal. Dengan menggunakan pfSense Anda dapat menyimpan banyak uang tanpa mengorbankan fitur.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar