Memahami Skema Firewall



Hallo kawan pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai pemahaman tentang konsep firewall. Apa itu firewall? Fungsinya buat apa? Berikut ulasan tentang firewall.

Firewall adalah suatu cara (metode) untuk melindungi sistem, baik itu sistem komputer ataupun sistem pada jaringan yang lebih luas. Firewall ada yang berupa software, ada juga berupa hardware, yang berfungsi untuk memonitor paket data yang masuk dan keluar dari jaringan atau komputer kita. Firewall yang berbentuk software umumnya akan diinstal pada komputer. Firewall akan menganalisa paket data dan mempelajari sumber paket data, komputer yang dituju oleh paket data, protocol yang digunakan, dan isi paket datanya. Dengan kita menggunakan firewall, maka kita dapat memblokir paket data dari alamat-alamat tertentu. memblokir pertukaran data antara PC, mencegah penggunaan protokol tertentu, dan menolak paket yang mencurigakan.

Fungsi firewall pada sebuah sistem atau jaringan adalah melewatkan hanya trafik yang diizinkan masuk ke dalam jaringan. dan menghalangi semua trafik lainnya. Konsep firewall dalam jaringan computer. Agar dapat berfungsi secara efektif, firewall jaringan harus memenuhi standar-standar tertentu dan mampu menjalankan berbagai skema pencegahan dasar. Gagasan utama penerapan teknologi firewall adalah mendirikan suatu bentuk pagar pengaman di sekeliling sebuah jaringa privat, untuk mencegah akses tanpa izin dan berbagai gangguan terhadap aktivitas data. Hal penting yang harus dimiliki firewall adalah bahwa firewall itu harus kebal terhadap penyusupan dari luar. Cara memeriksa keamanan firewall adalah dengan menempatkannya pada sebuah perangkat yang dedicated (diperuntukkan khusus baginya). Dengan kata lain, jangan memasang firewall pada server Web, server basis-data, atau server apapun yang melayani aplikasi atau layanan lain, alasannya adalah berkaitan dengan nomor IP port-port jaringan.

Bentuk firewall yang paling umum adalah proxy server. Proxy server bertindak sebagai perantara antara komputer intranet dengan komputer internet dengan cara menerima dan membloking paket data secara selektif di antarmuka jaringan. Network firewall ini juga menyediakan langkah keamanan ekstra dengan menyembunyikan alamat-alamat LAN internal dari luar internet. Pada sebuah lingkungan proxy server firewall, request jaringan dari berbagai client yang tampil maupun requet dari luar jaringan datang dari alamat proxy server yang sama. 

Konsep Firewall


  • Tujuan untuk melindungi, dengan :

  1. Menyaring 
  2. Membatasi
  3. Menolak 

  • Segmen tersebut dapat merupakan sebuah workstation, server, router, atau Local Area Network (LAN) anda.

Karakteristik Firewall

  • Seluruh hubungan dari dalam ke luar, harus melawati firewall. Hal ini dapat di lakukan dengan cara memblok atau membatasi baik secara fisik semua akses terhadap jaringan lokal, Kecuali melewati firewall.
  • Hanya kegiatan yang terdaftar atau di kenali yang dapat melewati atau melakukan hubungan. Hal ini dapat di lakukan dengan mengatur policy pada konfigurasi keamanan lokal. Banyak sekali jenis firewall yang dapat di pilih sekaligus berbagai jenis policy yang di tawarkan.
  • Firewall itu sendiri haruslah kebal atau relatif lebih kuat terhadap serangan maupun kelemahan. Hal ini berati penggunaan system yang dapat di percaya dan dengan operating system yang relatif aman.
Tipe Firewall

  1. Rule Based
  2. Packet Filtering
  3. Application Level
Sekian sharing dari saya mohon maaf bila ada kata yang kurang di mengerti dan semoga bermanfaat.
Terima kasih

Baca selengkapnya disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar