Konfigurasi DHCP pada pfSense


Hallo kawan pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing mengenai bagaimana konfigurasi DHCP pada pfSense. pada kesempatan sebelumnya saya sudah sharing bagaimana cara installasi pSense bagi yang belum mengerti bisa buka disini.

Nah langsung saja berikut adalah langkah-langkah konfigurasinya.

  • Pada PC saya terdapat 3 NIC tetapi kali ini saya hanya menggunakan 2 NIC.
  • Pada gambar di bawah terdapat pertanyaan yang dimana pada intinya adalah apakah anda ingin membuat Vlan disini saya tidak menggunakan Vlan jadi saya jawab no (n). Kemudian enter.



  • Disini kita diminta memasukan nama NIC yang terhubung dengan internet disini NIC PC saya yang terhubung ke internet adalah re0, jadi saya masukan re0.



  • Kalau tadi diatas adalah NIC yang terhubung ke internet maka kali ini adalah NIC yang terhubung ke jaringan lokal semisal disini nama NIC saya adalah ste0. Kemudian enter.



  • Kemudian muncul lagi permintaan NIC kita tidak usah isi dan enter saja, karena kita disini hanya membutuhkan 2 NIC saja.



  • Kemudian muncul pertanyaan yang intinya "apakah anda ingin melanjutkan proses ini" tekan tombol enter untuk melanjutkan. 


  • Tunggu proses berlangsung.



  • Nah pada gambar dibawah tertera bahwa NIC yang terhubung ke internet sudah mendapatkan IP secara otomatis (DHCP). Sekarang kita buat IP DHCP untuk LAN. Caranya pilih "Set Interface(s) IP Address" dengan menekan tombolangka 2 pada keyboard. Kemudian enter.  

  • Kemudian muncul 2 opsi karena yang akan kita beri IP adalah LAN jadi kita tkan tombol angka 2 kemudian enter. 

  • Kemudian masukan IP-nya semisal disini saya menggunakan IP 192.168.11.1 


  • Selanjutnya masukan subnet mask disini saya menggunakan subnet /28 (255.255.255.240). 


  • Selanjutnya kita diminta masukan gateway dan IPv6 kita kosongkan saja tekan enter. 

  • Kemudian muncul pertanyaan yang intinya "apakan anda ingin mengaktifkan DHCP server pada LAN" karena kita disini konfigurasi DHCP maka tekan tombol Y unruk yes kemudian enter. 


  • Selanjutnya masukan IP range.



  • Selanjutnya ada pertanyaan "Anda ingin kembali ke http sebagai protokol webconfigurator" kita klik tombol Y untuk yes kemudian enter.



  • Nah disini IP-nya sudah terdeteksi kemudian enter.



  • Disini NIA untuk LAN sudah mendapatkan IP.



  • Kemudian kita cek pada client dan ini hasilnya.



  • Sekian sharing dari saya semoga bermanfaat. Jika ada kata yang salah atau pemahaman yang kurang dimengerti mohon diperbaiki.
Terima kasih.

2 komentar :

  1. Kenapa tidak pakai Virtualisasi? Lucu screenshoote manual foto ko smartphone... Huahahaha

    BalasHapus