Konfigurasi EIGRP pada Cisco Packet Tracer


Interior Gateway Routing Protocol (EIGRP) adalah lanjutan jarak-vector routing protokol yang digunakan pada jaringan komputer untuk membantu mengotomatisasi Routing keputusan dan konfigurasi. Protokol ini dirancang oleh Cisco Systems sebagai protokol proprietary, yang tersedia hanya pada router Cisco. Fungsi parsial dari EIGRP dikonversi menjadi standar terbuka pada tahun 2013, tapi terakhir IETF Internet-Draft untuk EIGRP berakhir pada Oktober 2014.

EIGRP digunakan pada router untuk berbagi rute dengan router lain dalam sama sistem otonom. Tidak seperti protokol routing lain terkenal, seperti RIP, EIGRP hanya mengirimkan update inkremental, mengurangi beban kerja pada router dan jumlah data yang perlu dikirimkan. Baca selengkapnya disini

Berikut adalah langkah-langkah konfigurasi EIGRP pada packet tracer.
 Kali ini IP pada PC client kita buat static dengan cara klik icon PC > Dekstop > IP Configuration. lakukan hal yang untuk PC yang lain.
PC-1

PC-2 

PC-3 

PC-4 

PC-5 

PC-6 

Kemudian konfigurasi Router1 yang saya beri nama JAKARTA.
klik icon router > config > FastEthernet0/0 kemudian masukan IP untuk client. Semisal disini saya memberi IP 192.168.1.1/24 untuk client yang terhubung dengan FastEthernet0/0.


Selanjutnya pemberian IP untuk Serial2/0 yang terhubung dengan router yang lain. semisal IP-nya adalah 10.10.1.1/8


Konfigurasi EIGRP-nya dengan cara klik icon router > CLI masukan perintah seperti berikut.


Konfigurasi Router1 selesai kemudian konfigurasi Router2 (BOGOR) caranya sama dengan Router1 tadi, beri IP pada FastEthernet yang terhubung ke client semisal IP-nya 192.168.2.1/24 untuk client. 


Kemudian konfigurasi pada serial port yang nantinya terhubung dengan Router1 dan Router3. Untuk Serial2/0 adalah yang terhubung dengan Router1 dengan IP 10.10.1.2/8 (pastikan IP-nya satu subnet dengan Router1). Kemudian serial3/0 yang terhubung dengan Router3 dengan IP 20.20.1.1/8



Kemudian konfigurasi EIGRP-nya dengan cara masuk pada CLI kemudian masikan perintah seperti berikut.


Konfigurasi Router2 selesai kemudian konfigurasi Router3 (JEPARA) caranya sama dengan Router1 dan Router2 tadi, beri IP pada FastEthernet yang terhubung ke client semisal IP-nya 192.168.3.1/24 untuk client.  


Kemudian konfigurasi pada serial port yang nantinya terhubung dengan Router2 Untuk Serial3/0 adalah yang terhubung dengan Router2 dengan IP 20.20.1.2/8 (pastikan IP-nya satu subnet dengan Router2)

.

Setelah selesai kemudian konfigurasi EIGRP-nya dengan cara masukan perintah berikut pada Router3.


Setelah selesai test ping dari Router5 ke Router1 dan ini hasilnya.


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Terima Kasih.

NB: Mohon ma.av bila ada kata-kata yang kurang dapat dipahami ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar